Kamis, 18 Desember 2008

Pengalam ke Bali

Waktu liburan tahun lalu saya beserta keluarga berliburan ke Bali.Disana kami awalnya mencari hotel,akhirnya kami mendapatkan hotel setelah itu kami beristirahat disana sebelum melakukan kunjungan wisata ke esokkan harinya.Kegiatan pertama adalah melihat sunrise di pantai kuta karena kata orang sunrise dan sunset disana sangat bagus ditambah dengan deburan ombak seperti rangkain nada menyambut sang surya.Kemudian kami kembali ke hotel dan sarapan.

Kami lalu mencari rental mobil dan seorang pemandu wisata untuk menunjukkan jalan diBali kepada kami,nama Pemandu wisata itu mas Agus setiap perjalanan yang kami lalui selalu saja ayah saya bercerita kepada pemandu kami tentang apapun untuk memeriahkan suasan Karena kami hanya diam dan melamun memandangi pemandangan alam Bali.Dan tujuan kami sekarang adalah Bedugul.

Ketika kami tiba di Bedugul,kami singgah di sebuah rumah makan untuk makan siang setelah itu kami memasuki wilayah pariwisata Bedugul,ternyata sedang ada upacara adat disana tapi sayangnya kami tidak bisa masuk ke tempat adat tersebut.

Untuk mengobati kekecewaan kami,kami mulai berfoto-foto bersama tapi tanpa sengaja tante saya yang baru menyusul kami dari Jakarta tadi pagi,berfoto didepan rumpunan bambu yang dilingkari tali kuning,kami kira itu hanya tali biasa.Tapi itu ternyata tanda bahwa bambu itu dikeramatkan warga sekitar,Kami pertama tidak terlalu memercayai mitos seperti itu .

Malam harinya tante saya demam,kami hanya mengagap dia hanya kecapekan tadi siang,tapi kata pemandu kami dia sakit karena berfoto didepan rumpunan bambu itu tanpa meminta izin atau permisi terlebih dahulu.ternyata masyarakat Bali masih memengang utuh adat leluhur mereka yang masih percaya pada benda-benda gaib (Dinanisme).

Akhirnya kami hanya pergi ke pantai kuta,jalan legian,Monumen Ground Zero,dan Orang dewasa pergi ke pasar Sukowati,dan kami anak kecil hanya disekeliling kuta.Setelah tante kami sembuh kamipun pulang dengan hati riang walaupun tidak bisa menikmati seluruh objek wisata di Bali.